You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Bawahan Selan

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

AYO RUTIN DATANG KE POSYANDU !


AYO RUTIN DATANG KE POSYANDU !

BAWAHAN SELAN - Sebagai salah satu wujud dari pelayanan dasar kesehatan masyarakat, Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Posyandu merupakan salah satu tempat dimana Ibu dapat berkonsultasi seputar permasalahan gizi, porsi dan komposisi makanan bayi dan balitanya. Ibu juga dapat mengetahui apakah kecukupan gizi yang diberikan setiap hari terlihat dari kenaikan berat badan dan tingggi badan bayi balita yang diukur di Posyandu.

Kegiatan rutin Posyandu Bulan Oktober di Posyandu Kenanga Lawa Baru RT.010 Desa Bawahan Selan di laksanakan pada pukul 10.00 WITA.  Dihadiri oleh Ketua TP PKK Desa Bawahan Selan, Bidan Desa Bawahan Selan, Kader KPM, Kader Posyandu dan bekerjasama dengan Puskesmas Mataraman memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, penanggulangan diare.

1. Penimbangan Balita: Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program pokok Kabupaten Banjar.

2. Imunisasi 
Di posyandu balita akan mendapatkan layanan berupa berbagai macam imunisasi sesuai usia. 

3. Peningkatan Gizi 
Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita.

4. Penanggulangan diare 
Penyediaan oralit di posyandu. Melakukan rujukan pada penderita diare yang menunjukan tanda bahaya di Puskesmas. Memberikan penyuluhan penggulangan diare oleh kader posyandu.

Bagikan artikel ini:
Komentar

APBDes 2021 Pelaksanaan

Rp967 Rp1,060
91.21%
Rp41 Rp41
100%

APBDes 2021 Pendapatan

APBDes 2021 Pembelanjaan

Rp385 Rp396
97.34%
Rp354 Rp420
84.26%
Rp10 Rp10
100%
Rp38 Rp45
84.25%
Rp179 Rp188
95.02%