You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Bawahan Selan

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

AYO KE POSYANDU..!


AYO KE POSYANDU..!

BAWAHAN SELAN - 11 Oktober 2023 Desa Bawahan Selan melaksanakan Kegiatan posyandu di posyandu bougenville IV RT.003. Posyandu merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Kader-kader Posyandu balita desa Bawahan Selan melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Mataraman, serta dihadiri oleh Pak Camat Mataraman beserta Ketua TP PKK Kecamatan Mataraman, Pendamping Desa, Ketua TP PKK Desa Bawahan Selan, Kader KPM, Bidan Desa, Bhabinkamtibmas desa Bawahan Selan, Babinsa desa Bawahan Selan beserta seluruh Kader Posyandu Bougenville IV.

Adapun yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini yaitu;

1. Penimbangan balita dan anak;

Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

KMS adalah kartu untuk mencatat dan memantau pekembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan. Pada KMS dapat diketahui status pertumbuhan anaknya.

2. Pemberian Imunisasi;

Di posyandu balita akan mendapatkan layanan berbagai macam imunisasi. 

3. Peningkatan Gizi;

Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak dan balita dan Pemberian Makanan Tambahan untuk Balita.

 

Bagikan artikel ini:
Komentar

APBDes 2021 Pelaksanaan

Rp967 Rp1,060
91.21%
Rp41 Rp41
100%

APBDes 2021 Pendapatan

APBDes 2021 Pembelanjaan

Rp385 Rp396
97.34%
Rp354 Rp420
84.26%
Rp10 Rp10
100%
Rp38 Rp45
84.25%
Rp179 Rp188
95.02%